Tips Hemat Daya Baterai Ala BOLT

Pernah gak punya pengalaman, baterai smartphone anda berkurang banyak padahal tidak dipakai. Mungkin pernah kejadian ya, saat berangkat perjalanan sudah diisi penuh, namun ketika sampai tujuan, baterai sudah berkurang persentasenya lumayan banyak padahal jarang dipakai saat perjalanan. Atau mungkin ketika kita tidur dengan kondisi tidak dicahrge dan paket data aktif, keesokan paginya baterai smartphone berkurang lumayan banyak.
Ternyata oh ternyata, penggunaan baterai di smartphone itu dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah koneksi internet. Bahkan hal ini jarang diketahui oleh penggguna smartphone. Lho kok bisa? Kan gak ada hubungannya, baterai dan internet?
Jadi gini ya, bro. perangkat smartphone itu punya banyak komponen dan tiap komponen tu menyumbang penggunaan baterai, termasuk komponen untuk mengakses internet. Itu dari segi komponen smartphone, ditambah lagi, ada beberapa aplikasi yang terinstal di smartphone menggunakan atau mengakses internet tanpa sepengtahuan kita. Wah, nyuri data internet dan daya baterai donk?
Maka dari itu, pengguna smartphone harus lebih smart dong. Saya kasih beberapa tips menghemat daya baterai.

Koneksi Internet yang Stabil
Dengan koneksi internet yang stabil, komponen yg mengakses internet tidak akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal internet, sehingga dia tidak akan banyak mmembutuhkan daya baerai lebih. Ketika koneksi internet tidak stabil, komponen internet akan sering aktif atau bekerja lebih keras terutama dalam mencari sinyal yang stabil, belum lagi tuntutan dari banyaknya aplikasi terinstal yg butuh akses internet.
Tips : 
Pilih provider internet yg stabil di tempat yg sering anda kunjungi

Paket Kuota atau Paket Unlimited
Ternyata ada pengaruh juga paket internet yang dipakai. Penggunaan paket kuota harus diperhatikan pada poin kuota yng tersedia. Ketika kuota kita habis dan kita tidak mengetahuinya serta tetap mengaktifkan paket data, smartphone akan bekerja giat untuk mengakses internet dan akan mengurangi daya baterai lebih banyak. Manfaatkan aplikasi bawaan dari provider untuk memantau kondisi kuota internet anda atau gunakan alarm di smartphone anda untuk memberikan peringatan jika penggunaan internet mendekati batas kuota anda.
Baru tahu ada alarm kuota internet di smartphone, bro? Berhubung ini tips, harus lengkap dong. Fitur ini bisa diakses melalui pengaturan koneksi - penggunaan data.


Sedangkan kalau pakai paket unlimited, pakailah yg punya kecepatan akses yang stabil dan bandwith yang tinggi sehingga proses download dan upload data, menjadi lebih cepat selesai.
Tips : 
1. Sesuaikan budget internet sesuai kondisi dan keperluan serta gunakan alarm internet

2. Gunakan paket internet unlimited kecepatan tinggi supaya lancar berinternet

Batasi Penggunaan Internet oleh Aplikasi di Belakang Layar
Pada dasarnya, aplikasi yg kita instal di smartphone melakukan aktifitas walaupun tidak sedang kita akses dan aktifitas yg sering dilakukan adalah mengakses server aplikasi nya. Nah, aktifitas ini tentu saja itu membutuhkan koneksi internet. Hal ini dikenal dengan background apps dan background data. Biasanya aplikasi yang beraktifitas seperti ini adalah aplikasi sosial media atau pengolah pesan online.

Untuk mengatur nya, kita mengakses background data ini di pengaturan aplikasi atau pengaturan daya baterai atau pengaturan SIM.
Tips : 
Disable aplikasi yg sekiranya tidak terlalu penting yg butuh koneksi internet ketika kita tidak menggunakannya.

Koneksi Internet Data atau Internet WIFI
Ternyata oh ternyata, mengakses internet lewat WIFI lebih menghemat baterai daripada memakai koneksi data SIM. Sinyal WIFI cenderung lebih stabil daripada sinyal data SIM sehingga menggunakan daya lebih sedikit. Lha, kan tidak semua tempat punya WIFI, bro? 


Tenang, teknologi sekarang jauh lebih mudah, bro. Ada portable WIFI atau yg biasa disebuf MIFI. Jadi bisa pakai WIFI di mana saja. Kalau di rumah, bisa pasang WIFI juga.
Tips : 
Lebih banyak gunakan WIFI, bisa pakai Mobile WIFI atau WIFI rumah/kantor

Matikan Koneksi Data Internet Ketika Istirahat/Tidur
Nah, pada akhirnya, istirahat lebih penting, bro. Optimalkan istirahat anda tanpa harus memikirkan atau menggunakan smartphone di waktu tidur. Gunakan mode pesawat atau matikan koneksi data untuk menghemat baterai anda. Atau mungkin mematikan smartphone dan melakukan charging, akan lebih baik, bahkan bisa menambah daya baterai anda. 

Tips : 
Matikan internet ketika istirahat sehingga smartphone dan anda dapat beristirahat secara optimal

Itu tadi beberapa tips tentang menghemat daya baterai smartphone ala internet, bro. Intinya adalah koneksi internet yang stabil. Nah, jadi bingung nyari provider internet yg stabil? Tenang, bro. BOLT punya semua nya untuk mendukung tips di atas.

Internet Unlimited BOLT Lebih Cepat
BOLT sebagai salah satu penyedia layanan internet, hadir memanjakan kebutuhan dengan jaringan yang lebih baik dan coverage area yang luas. Apalagi sekarang punya paket Internet Unlimited BOLT, yg setahu saya masih satu-satunya di Indonesia. Ditambah lagi, selain dalam bentuk kartu SIM, BOLT memiliki paket perangkat Mobile WIFI dan paket perangkat internet WIFI di rumah. Jarang ada provider yg benar-benar menyediakan layanan selengkap BOLT. Paket internet yg ditawarkan juga tergolong murah dengan spesifikasi kecepatan yg di atas rata-rata. Untuk lebih jelasnya, bisa cek web resmi BOLT di link website Bolt Unlimited ini.
Nah, jadi tahu kan, kenapa harus memilih BOLT. Koneksi sinyal internet yang stabil, coverage area yang luas dan punya paket internet unlimited serta didukung perangkat yang canggih. BOLT pilihan tepat bagi orang yang suka mobile dan butuh koneksi internet yg stabil, cepat dan tanpa khawatir kuota, yg pada akhirnya, kita bisa menghemat dan memperlama daya tahan baterai sehingga bisa lebih produktif lagi. Apalagi bagi yg suka gaming mobile, dijamin bisa lebih lama, lebih lancar dan lebih mudah dalam bermain game dan lebih unggul dalam berkompetisi.
Oh ya, mumpung lagi banyak promo, bro. Segera gabung dan rasakan pengalaman Trully Unlimited Internet bersama BOLT

BOLT, Lebih Cepat, Lebih Hemat, Lebih Produktif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZENFONE MAX M2 - INI SMARTPHONE SAYA

Moto G5s plus, Premium Smartphone, Mid-end Price

Bekerja Mobile dengan Excel