Bekerja Mobile dengan Excel

Salah satu aplikasi office yg sering saya gunakan adalah Excel Mobile. Excel mobile merupakan aplikasi microsoft excel yg ditujukan untuk perangkat berjalan terutama pada perangkat smartphone. Mari kita berkenalan lagi dengan Excel versi Mobile.

Tampilan utama

Di halaman depan, Excel menampilkan file recent yang disortir berdasarkan waktu dibuka. Excel Mobile juga terhubung dengan akun Microsoft sehingga bisa menampilkan file yg kita akses secara online, baik itu dari email atau di Onedrive. Terdapat juga menu untuk membuat file baru atau membuka file.


Tampilan spreedsheet excel mobile sudah mendekati versi desktop sehingga kita mudah mengenalinya. Terdapat menu utama di samping kiri atas, fitur ‘Search”, “Share” dan “Undo”. Kotak fungsi di bawahnya, tempat kita mengedit isi dari sel. Di bawahnya tampian baris dan kolom dan deretan sheet yang ada pada file excel tersebut.

Menu dan Fasilitas
Menu file pada Excel Mobile bisa diakses melalui icon di kiri atas, menampilkan pilihan membuka file, menyimpan, mencetak ke dalam file pdf dan pengaturan.


Untuk menu fasilitas dan fitur, bisa diakses melalui ikon di kanan bawah dan pilihan menu dropdown. Seperti yg bisa dilihat pada gambar, Excel Mobile hampir memiliki semua kemampuan versi desktopnya. Kita bisa memformat tulisan, seperti fungsi huruf tebal – miring, garis bawah, memilih font dan ukuran huruf.

Kita juga bisa memformat sel sesuai keinginan kita seperti warna sel, bingkai, ukuran tinggi baris, dan lebar kolom. Kita juga bisa menyisipkan gambar, grafik, gambar bentuk, bahkan format link.

Untuk fasilitas seleksi dan operasi pada tulisan atau sel  bisa dilakukan dengan menekan simbol kursor. Dengan melakukannya kita dapat membuka pilihan cut – copy – paste dan referensi.  Selain fitur standar untuk format tulisan dan tabel, Excel Mobile juga sudah dibekali fungsi matematika dan logika. Fitur inilah yg menjadi andalan dari Excel, dan membantu saya dalam menyelesaikan perhitungan-perhitungan sederhana yang membantu dalam pekerjaan sehari-hari.

 

Pengalaman Pengguna

Sampai saat ini saya menghasilkan beberapa file yg saya pakai untuk kebutuhan pekerjaan sehari-hari, seperti perhitungan dan analisa budidaya ikan lele, rekapitulasi nilai siswa, rekapitulasi stok barang jual beli, RAB pembuat kolam dan perhitungan dan analisa produksi kaos. Pada awalnya semua dibuat di excel mobile dan dipindah ke pc/layar besar hanya untuk menata tampilannya.
Bagi saya, aplikasi excel mobile membantu saya dalam menuangkan ide-ide saya dalam perhitungan dan pencatatan matematika. Dan pada akhirnya banyak orang yg terbantu dengan file excel saya terutama yg perhitungan dan analisa budidaya ikan lele.
Walaupun hanya dengan smartphone yg berukuran layar kecil, itu tidak membuat saya merasa terbatasi. Mungkin bagi kebanyakan orang pada umumnya, produktifitas pada perangkat mobile adalah terlalu membingungkan. Namun bagi saya, saya dan perangkat smartphone saya harus beradaptasi dengan masa depan dan bagi saya, produktifitas harus terus berjalan.

Credit to Lumia 540 DS, Word Mobile, BlogMate, CombineImage+

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZENFONE MAX M2 - INI SMARTPHONE SAYA

Moto G5s plus, Premium Smartphone, Mid-end Price