Moto G5s plus, Premium Smartphone, Mid-end Price

Motorola, salah satu produsen ponsel yang masih eksis, kembali mengeluarkan jajaran smartphone kelas menengah, Moto G5s Plus. Moto G5s Plus baru diluncurkan Agustus 2017 yang lalu, memperbaharui tipe sebelumnya, Moto G5 Plus. Mari kita ulas dengan sedikit perspektif dari saya.

 

DESAIN
Dari sisi bentuk, Moto G5s Plus mengusung desain unibody, membuat smartphone ini tampak kokoh dan punya struktur pertahanan dari goncangan dan air yg lebih bagus. Apalagi dengan balutan bahan logam, menjadikannya layaknya smartphone kelas atas. Dengan berat sekitar 170gr, menjadikannya masih nyaman di genggaman walaupun untuk menggunakannya butuh 2 tangan supaya lebih optimal.
Di bagian atas hanya terdapat port audio. Di bagian kanan, terdapat tombol power dan volume rocker. Di bagian bawah ada port microUSB 2.0, mikrofon dan loudspeaker. Di bagian belakang terdapat kamera dengan dual lensa dan dual flash. Di depan terdapat sensor sidik jari di bagian bawah dan kamera depan dengan tambahan lampu LED flash. Di bagian samping kiri terdapat slot SIM card dan sd card. Fitur slot SIM menggunakan teknologi hybrid, kita bisa memilih antara dual nano SIM atau single nano SIM dan SDcard hingga 256GB.
Moto G5s Plus mempunyai dimensi layar 5,5” dengan teknologi IPS LCD Full HD 1080x1920 dengan kerapatan 401 ppi, menyuguhkan gambar yg detail dan nyaman di mata. Tak lupa proteksi Gorilla Glass 3 menjadikannya semakin kokoh dari goresan. Tak cukup dengan itu, ada lapisan splash resistant yg dapat melindungi dari percikan atau tumpahan air.

Desain yg cukup kokoh namun tidak meninggalkan sisi premium dan keren, menjadi daya tarik dan kesuksesan desain dari Motorola.

 

PERANGKAT KERAS
Moto G5s Plus dibekali dengan Chipset Snapdragon 625, dapur pacu Octa-core 2.0 GHz Cortex A53 dan pemroses grafis Adreno 506, mendukung untuk segala aktifitas, baik untuk pekerjaan kantor, teman perjalanan, menonton video, gaming dan fotografi. Ditambah kapasitas RAM 4GB menjadikan multitasking tanpa kendala. Untuk media simpan, smartphone ini dibekali internal 32GB dan dapat ditambah dengan SDcard hingga 256GB.


 
Untuk urusan daya, motorola mendesain Moto G5s Plus dengan baterai tanam sebesar 3000 mAh yg diklaim dapat bertahan dan mendukung aktivitas seharian. Ditambah lagi dengan fitur TurboPower yg bisa menambah daya hidup sekitar 6 jam dengan waktu pengisian hanya 15 menit. Jadi tak perlu khawatir dengan aktifitas seharian yang ketat, serahkan semua pada Moto G5s Plus.

 

PERANGKAT LUNAK
Smartphone ini sudah menjalankan OS Android terbaru Android 7.1 Nougat dan nantinya akan diupdate pada akhir tahun menjadi Android 8.0 Oreo. Android yg ada pada seri Motorola menggunakan Android Pure, yaitu android murni tanpa ditambahi bloatware yg bisa memenuhi kapasitas storage dan memakan RAM.
Ini yg lebih saya suka karena sistem akan berjalan lancar tanpa dibebani program tambahan yg ikut berjalan di belakang layar dan hanya menjalankan aplikasi yg benar2 dibutuhkan saja. Apalagi dengan update terbaru android, bisa mengatur aplikasi apa saja yg diperbolehkan berjalan di belakang layar dan yang dapat mengakses data seluler. Semua hal itu akan menjadikan kinerja smartphone menjadi lebih optimal.
Motorola hanya menambahkan beberapa aplikasi yg mempunyai fitur berbeda dengan aplikasi bawaan android, seperti pengolah gambar, pendukung fotografi, aplikasi peringatan keamanan dan sebagainya. Satu aplikasi yg disematkan pada smartphone ini yaitu Moto Experiences, dimana kita bisa mempersonalisasi Moto G5s Plus sesuai selera kita, seperti jalan pintas perintah dan sebagainya. Menurut saya, aplikasi seperti ini lebih berbobot daripada aplikasi-aplikasi bawaan merk lain yg biasanya fungsinya hampir sama dengan bawaan dari android itu sendiri.

 

 

KAMERA
Salah satu kelebihan Moto G5s Plus adalah pada sisi kameranya. Moto G5s Plus dibekali kamera belakang 13 MP dengan Dual Lens yaitu lensa standar dan lensa monochrome, dimana paduan keduanya menghasilkan gambar yg diklaim lebih tajam. Lensa monokrom menangkap hasil lebih detail karena filter cahaya yg hanya menggunakan 1 warna, memudahkan pembacaan pantulan cahaya. Tak lupa lampu dual-LED flash membantu pencahayaan. Untuk perekaman video, smartphone ini mampu merekam video dengan kualitas 4K, 2160p pada frame rate 30fps. Untuk kamera depan, kualitas 8MP dan lampu flash, cukup bagus untuk keperluan selfie ataupun group selfie.


 
Kedua kamera depan dan belakang menggunakan lensa dengan bukaan f/2.0 yg dapat menangkap cahaya lebih bagus sehingga gambar yang dihasilkan lebih jelas dan tajam walaupun pada kondisi minim cahaya atau malam hari tanpa penggunaan flash. Sebagai seorang yg suka dengan fotografi ponnsel, mengetahui fitur lensa sangatlah penting sehingga foto yg dihasilkan ponselnya, bisa menyamai atau mendekati hasil dari jepretan sekelas DSLR, bisa menjadi kebanggan tersendiri.

 

KONEKTIFITAS
Konektifitas yg ditawarkan smartphone ini, cukup mensejajarkannya dengan smartphone kelas atas. Koneksi seluler mendukung 3G HSPA dengan kecepatan 42.2/5,76 Mbps dan koneksi 4G dengan kecepatan akses LTE Cat7 300/150 Mbps. Didukung dengan perangkat koneksi LTE pita koneksi yg lumayan banyak, menjadikannya cukup tahan di beberapa kondisi jaringan.
Selain itu, koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth versi 4.2 dengan teknologi Low Energy dan yg tak kalah penting adanya fitur NFC yg dapat digunakan sebagai pengganti kartu elektronik untuk pembeyaran sekelas e-money dan transfer data antar perangkat. Sehingga smartphone ini sudah menyediakan fitur teknologi masa depan yg akan diimplementasikan di Indonesia.
Untuk sensor, Motorola tak lupa membekalinya dengan GPS untuk mempermudah iki menentukan dan berbagi lokasi. Motorola juga menambahkan perangkat pengenal sidik jari untuk keamanan penggunanya disertai aplikasi dan pengaturan untuk meningkatkan integrasinya dengan smartphone ini.

 

KESIMPULAN
Melihat keseluruhan sisi baik yg mungkin berupa kelemahan dan kelebihannya, Motorola mendesain semuanya dengan rapi sehingga tiap komponennya saling mendukung dan terintegrasi secara sempurna, menjadikan smartphone Moto G5s Plus berada di kelas ponsel premium namun mampu menyukseskannya dengan harga medium. Apalagi motorola memang terkenal dengan build nya yg bagus, walaupun masih kalah tenar dengan Nokia.
Jujur sebagai pengguna sistem operasi bukan android, Motorola dan Moto G5s Plus membuat saya meliriknya untuk waktu yg lama. Make my heart moving. Ditambah pengalaman kerabat yang menggunakan produk Motorola yang bisa bertahan sampai 36 jam pemakaian dengan sekali pengisian. Pengalaman dahulu ketika memakai produk Motorola, juga tidak mengecewakan, tahan banting dan awet.
Ohya, untuk detail produk Moto G5s Plus dapat dilihat pada situs resmi nya, https://www.moto.com/id/en/products/moto-g-plus-gen-5-special-edition#Specifications. Dan jangan lupa ikuti terus perkembangan info dan tips trik dunia gadget di https://www.jalantikus.com/.

Terima kasih. 😁

Catatan : Artikel ditulis dan disusun dengan smartphone tanpa bantuan PC

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZENFONE MAX M2 - INI SMARTPHONE SAYA

Bekerja Mobile dengan Excel