Laptop, Kebutuhan dan Asisten - ASUS AMD Laptop For Everyone



Bagi saya, Laptop menjadi perangkat wajib di dunia yg menuntut produktifitas tinggi. Dengan kemampuan yg dimiliki setara PC dan mampu bekerja secara mobile dimanapun dan kapanpun, menjadikannya perangkat yg tidak bisa dipisahkan dari manusia untuk membantu pekerjaan mereka. Para produsen laptop berusaha memproduksi laptop dengan menyesuaikan kebutuhan dari tiap individu. Hal ini lah yg sebenarnya menjadi dasar dari seseorang untuk memilih laptop yg sesuai dengan apa yg mereka butuhkan. Hal ini yg menjadi dasar bagi saya ketika ada rekan atau konsumen yang berkonsultasi dengan saya tentang laptop apa yg sebaiknya mereka beli.
Tiap hardware komputer atau laptop disusun berdasarkan kemampuan yg ditawarkan untuk kebutuhan apa, seperti untuk kebutuhan kantor atau sehari-hari, kebutuhan multimedia, kebutuhan gaming dan kebutuhan engineering. Dari beberapa kebutuhan tersebut, memunculkan perangkat kunci yg harus dimiliki. Contoh, untuk kebutuhan kantor atau sehari-hari, tidak memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi atau tambahan multimedia prosesor namun tetap memperhatikan kelancaran proses terutama multitasking. Dari apa yang menjadi kebutuhan kita, kita dapat mengetahui susunan perangkat keras apa yg akan kita pilih. Setelah itu, kita dapat menyusun rencana anggaran untuk membeli yang mana.
Setelah semua pertimbangan perangkat dan harga, biasanya masih terjadi kebingungan untuk memilih laptop mana yang akan dibeli, terutama pada merk. Bagi saya merk adalah penting karena dari situ kita bisa melihat pengalaman produsen dalam meraih tingkat kepercayaan dan kepuasan konsumen, yang itu menjadi tujuan saya. Dalam hal ini, saya selalu merekomendasikan produk ASUS.
Kenapa ASUS? Menurut pengalaman dan pengamatan saya, hardware ASUS terbukti sangat tangguh dan awet. Laptop saya menggunakan merk ASUS dari tahun 2013, masih setia menemani dan membantu pekerjaan saya. Apalagi ASUS berani memberikan Garansi Internasional selama 2 tahun yg tidak ada pada merk lain. Dari sisi harga, laptop ASUS masih terjangkau dan banyak pilihan komposisi hardware sehingga kita dapat menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan dana yg kita punya. Hal ini dibuktikan dengan infografik produk ASUS yang menduduki posisi pertama sejak akhir 2013, dalam bisnis laptop di Indonesia dan Asia Tenggara, dan posisi kedua dalam skala internasional.

Produk Review
Produk ASUS yg saya coba ulas kali ini adalah Laptop ASUS X Series yaitu X550IK. Seri X ini merupakan laptop dengan prosesor AMD dan memiliki layar lebar 15.6”. Dulu saya sangat terbatas dengan laptop dengan layar 14” yang dalam pandangan saya kala itu, kalau ukuran layar sekian, laptop bisa sangat ringan dan tidak terlalu membebani tas saya. Namun seiring dengan pekerjaan yang saya tekuni, ukuran layar menjadi sangat berpengaruh terutama dalam bidang Teknik khususnya pada fase desain yg membutuhkan pandangan keseluruhan model 3D dan detailnya dalam 1 layar. Aplikasi Engineering juga membutuhkan banyak menu dan tombol desain yang pastinya mengurangi ukuran jendela previewnya.
ASUS X550IK
 Saya akan mecoba mengulas bagaimana laptop ini dapat mendukung pekerjaan saya di bidang yang saya tekuni, yaitu perkantoran, multimedia, gaming dan engineering. Banyak juga yah. Itung2, memperluas wacana para pembaca ya. Dengan harapan bisa menjadi acuan atau pedoman anda dalam memilih laptop mana yang cocok.
Tipe ini memiliki spesifikasi kunci, yaitu :
Prosesor
7th Gen AMD APU FX-9830P, clock speed 3.0GHz – 3.7GHz, Cache 2MB
Sistem Operasi
Windows 10
RAM
8GB DDR4 2133MHz, bisa diupgrade sampai 16GB (Dual Channel Support)
CD/DVD Drive
8x DVD Super-Multi
Penyimpanan
1.000GB HDD
Layar
15,6” Full HD (1920x1080) 16:9 Anti Glare
VGA
AMD Radeon RX 560 (Polaris 21) Graphics with 4GB GDDR5
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack,
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor,
3 x USB 3.0 port(s),
1 x USB 2.0 port(s),
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert,
1 x HDMI
Kamera
VGA Web Camera
Konektifitas
Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
Audio
Built-in Speakers dan Microphone, SonicMaster Lite Technology, ICE Power support
Ukuran
38.0 x 25.1 x 2.92 ~31.7 cm (WxDxH)
Berat
2.45 kg with Battery
Baterai
4 Cells 44 Whrs Battery
Garansi
2 Tahun Global

Perkantoran
Dalam dunia perkantoran, dibutuhkan laptop yg bisa melakukan input data dengan mudah, menjalankan multitasking secara cepat, koneksi yg lancar dalam perpindahan data baik secara online ataupun offline. Aplikasi yg saya sering saya gunakan untuk keperluan kantor yaitu aplikasi microsoft office terutama word, excel dan powerpoint, perambah internet seperti microsoft Edge, FireFox dan Chrome, dan aplikasi bawaan dari Windowsnya.
Secara ASUS X550IK didesain untuk level yg lebih berat dari hanya sekedar kebutuhan kantor, laptop ini dengan mudah melakukan task dalam hal perkantoran. Beberapa pekerjaan seperti, mengetik, melakukan perhitungan, menjalankan aplikasi matematika, melakukan presentasi, mencari referensi di internet, mengakses email, membuat cadangan file dokumen ke flashdisk atau DVD atau ke penyimpanan online, dilakukan dengan mudah.
Keyboard Chiclet, trackpad dan palmrest yg nyaman dan ergonomis
 Untuk mengetik, laptop seri ini dilengkapi dengan laptop type chiclet yg mempunyai tombol lengkap seperti keyboard pada PC. Tombol pada keyboard yg nyaman, ergonomis dan kemudahan dalam memasukkan data angka, menjadi kelebihan tambahan yg ada pada keyboard. Palm rest juga didesain lebar untuk mencapai tingkat ergonomis. Touchpad yg lebar menjadi keharusan untuk mempermudah jangkauan ketika berpindah antara mengetik dan mengarahkan kursor. Tak lupa fitur multi-touch dan aplikasi tambahan ASUS SmartGesture Technology, dapat mengatur gerakan touchpad sesuai keinginan kita.
Kombinasi prosesor 7th Gen AMD APU FX-9830P dengan Cache 2MB dan RAM 8GB DDR4, multitasking menjadi sangat mudah. Ditambah lagi dengan sistem operasi bawaan Windows 10 yg dilengkapi fitur mode malam pada layar, menjadikan nyaman bekerja walaupun pada kondisi malam hari yg minim cahaya.
Kalau dilihat hanya untuk kebutuhan sehari-hari, laptop ini memang terlalu overprized. Laptop ini memang ditujukan untuk level yg lebih tinggi yaitu gaming. Namun, untuk anda yg hanya membutuhkan laptop untuk pekerjaan sehari-hari, anda bisa memilih tipe X  dengan seri X555QA dan seri X555BP harga yg lebih murah.

Multimedia
Pekerjaan di bidang multimedia, selain membutuhkan prosesor dan RAM yg mumpuni, dibutuhkan juga GPU dan periferal output media yg mumpuni. Nantinya Graphical Processing Unit ini yg dapat mempercepat pemrosesan data media sedangkan periferal output menampilkan hasil pemrosesan multimedia. Aplikasi yg biasa saya pakai untuk multimedia yaitu Media Player Classic, CorelDRAW X8, Adobe PhotoShop, Adobe Audition dan Adobe Premiere.
Pada laptop seri X ini, prosesor yg ditanamkan merupakan prosesor yg sudah terbukti dalam hal multimedia, yaitu AMD. Dengan seri terbaru di barisan prosesor AMD tingkat flagship, 7th Gen AMD APU FX-9830P, clock speed 3.0GHz – 3.7GHz, pemrosesan akan terasa ringan. Dipadukan dengan GPU yg cukup handal, yaitu AMD Radeon RX 560 (Polaris 21) Graphics dengan  RAM 4GB tipe terbaru, GDDR5, hasil proses editing multimedia bisa langsung segera dilihat hasilnya.
 Untuk menikmati hasil editing atau konten multimedia, X550IK dibekali periferal output yg canggih. Layar super lebar 15,6” dengan resolusi full HD, 1920 x 1080 dan fitur antiglare, memanjakan mata dengan kenyamanan dan detail yg menawan. Dikombinasikan dengan fitur layar pada Windows 10 dan ASUS Splendid Display Technology, kita dapat mengatur keluaran/output layar yg sesuai dengan keinginan kita dan waktu produktif kita dapat semakin lama. Untuk urusan audio, speaker dengan teknologi SonicMaster menghasilkan suara yg nyaring, minim noise bahkan untuk volume tinggi. Penambahan aplikasi audio enhancer, ASUS AudioWizard, akan memperdalam ekplorasi kemampuan audio sehingga menghasilkan efek audio yg realistis. 
Port dan DVD Drive pada ASUS X550IK
Bagi yg hanya penyuka film atau konten multimedia baik online atau offline atau multimedia editor yg sederhana, laptop ini mungkin terlalu tinggi harganya. Pilihan lain yg diberikan ASUS, ada tipe X555QA atau tipe X555BP dengan konfigurasi hardware yg lebih sederhana dan ramah di kantong.

Gaming
          Saya sangat suka game terutama game dengan genre FPS seperti Medal Of Honor atau Call Of Duty dan stealth action seperti Splinter Cell serta game adventure dengan open world seperti Assasins Creed dan FarCry. Untuk menjalankan game-game tersebut, perusahaan developer game mengeluarkan spesifikasi minimum untuk menjalankan game tersebut dengan spesifikasi hardware yg tinggi. Untungnya laptop ini sudah dibekali dengan spesifikasi hardware tinggi khusus game. Perpaduan prosesor generasi terbaru dan tertinggi, GPU generasi tertinggi dengan teknologi proses tercepat , RAM dengan kapasitas besar, tipe terbaru dan tercepat, HDD 1TB dan baterai berkapasitas besar, dapat melibas semua game tersebut dengan performa terbaik di kelasnya.
          Ketika kita atur konfigurasi game setting pada tingkat maksimalnya, output gambar dan audio dapat berjalan secara lancar dan detail, menyuguhkan sensasi realistis. Tidak terjadi lag dan noise.
Persiapan mau maen game dual monitor nih.
            Untuk game yg membutuhkan tombol keyboard, laptop ini didesain dengan baik, memudahkan penempatan telapak tangan dan ketukan pada keyboard. Untuk kawasan palmrest dilengkapi teknologi IceCool menjaganya agar tetap dingin walaupun laptop bekerja pada level maksimal.
           Selain itu, hardware pada laptop ini diperkaya denga fitur-fitur pendukung performa gaming seperti
  1. Freesync, mengatur dan menyelaraskan frame rate pada layar dan GPU
  2. AMD Advance Power Management, mengatur kinerja prosesor sesuai kebutuhan sehingga dapat mengefisienkan kinerja dan energi yg terpakai dan bisa memperpanjang daya tahan baterai
  3. Low-overhead API DirectX12 yang mampu memanfaatkan multi-core CPU lebih baikgamer dapat memanfaatkan fitur yang telah disediakan AMD seperti
  4. Multi-Threaded Command Buffers, Async Shaders, hingga Explicit Multiadapter di mana ketiga fitur tersebut dapat mendongkrak performa dari chip grafis AMD.
  5. HEVC, yang memungkinkan pengguna menikmati multimedia dengan resolusi video mencapai Ultra HD 4K secara lancar
          Selain itu, sistem operasi Windows 10 selaku sistem operasi bawaan laptop ini juga menawarkan berbagai pengaturan untuk mengatur konfigurasi hardware lain ketika sedang bermain game. Ada fitur #GameMode, memaksimalkan pengalaman bermain yg terbaik, #TruePlay, menyamakan konfigurasi antar laptop ketika bermain secara grup, dan XBOX Networking, menampilkan dan mengkonfigurasi permainan dalam layanan XBOX. Nah, untuk game tertentu, kita bisa terkoneksi dengan player lain dalam layanan XBOX, bermain bersama, chatting, berbagi achievement dsb. 


          Dengan konfigurasi hardware beserta fitur teknologi pendukung, laptop ini memang layak dijadikan asisten hiburan di bidang permainan. Dengan spesifikasi tinggi dan harga yg cukup miring dari laptop di kelasnya, menjadikan X550IK layak untuk dimiliki.

Engineering
          Pada bidang engineering, membutuhkan kemampuan hardware yg tinggi terutama pada prosesor dan RAM, serta sedikit penggunaan GPU. Prosesor digunakan untuk memproses data masukan model matematis dsb. Sedangkan fungsi RAM sangat berperan ketikan model matematis itu dirunning untuk mendapatkan hasil yg ingin kita ketahui. Pada proses running ini terjadi iterasi atau pengulangan proses perhitungan supaya didapatkan hasil dan pendekatan yg relevan dan tingkat error yg sangat rendah mendekati nol. Sedangkan GPU hanya dipakai untuk pemrosesan iterasi yg disertai konten animasi dan ditampilkan di layar atau disimpan dalam bentuk video. GPU akan berperan penting jika konten animasi dan rendering yg membutuhkan resolusi tinggi untuk tingkat ketelitian yg tinggi pula. Aplikasi yg biasa saya pakai yaitu, AutoCAD baik 2D atau 3D, SAP2000, ETABS, SACS dan aplikasi gambar teknik untuk Solid atau 3D.
Layar 15,6” full HD, 1920 x 1080 dengan fitur antiglare
           Layar yg lebar memudahkan saya dalam membuat model matematis dan gambar teknik walaupun terpotong banyak area di layar oleh menu bar dan tool bar yg lumayan banyak. Keyboard tipe chiclet yg menyerupai keyboard PC, memudahkan penggunaan shortcut perintah dan penginputan data angka. Ditambah dengan dedain palmrest dan touchpad yg ergonomis dan berteknologi IceCool, membuat tangan dan jari jauh dari kelelahan saat bekerja.
          Dengan adanya laptop ini, akan dan pasti sangat membantu menyelesaikan pekerjaan engineering dengan lebih cepat. Spesifikasi layar, keyboard, palmrest, touchpad, prosesor, RAM dan GPU, benar-benar membuat kita nyaman mengerjakan pekerjaan engineering.

Bekerja di mana pun dan kapanpun
Bagi saya, laptop sangat berguna dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Pekerjaan saya menuntut saya untuk selalu mobile dan bisa melakukan perkerjaan di mana pun dan kapan pun. Untungnya Laptop ini dibekali berbagai fitur-fitur yg mendukung hal tersebut. Berat unit yg hanya 2,5 kg, masih terasa nyaman di dalam backpack. Hardware WLAN dan LAN teknologi terbaru, mendukung akses data cepat dan sering saya gunakan ketika berada di kawasan dengan koneksi internet WIFI untuk mengakses file pekerjaan secara online. Ohya, untuk file pekerjaan, sering saya simpan dalam 3 tempat untuk backup, online, laptop dan penyimpanan external. Untuk media simpan laptop, sudah tersedia 1000GB, dan dengan 2 port USB 3.0 dan 1 port USB 2.0, saya dapat memindah data dengan kecepatan transfer sampai 30MB/s sehingga lebih cepat dan menghemat waktu saya. Sedangkan online, selain melalui akun Microsoft atau layanan Cloud Storage lainnya, ASUS memberikan saya aplikasi ASUS WebStorage yg memungkinkan saya menambah jumlah penyimpanan online sebesar 5-32GB. Ohya, di laptop ini kita juga bisa membackup data kita ke dalam bentuk kepingan DVD karena sudah dilengkapai DVD drive di sisi kanan laptop.
Work Anywhere Anytime
Dalam keseharian, konektifitas dengan perangkat lain seperti smartphone, sering saya lakukan. Dukungan koneksi Bluetooth 4.0, port USB dan Card Reader, memudahkan pilihan mengakses data di smartphone, bahkan untuk koneksi internet menggunakan fitur tethering dengan smartphone. Tak lupa port vga dan HDMI yg bisa saya gunakan untuk menikmati film layar lebar atau presentasi menggunakan proyektor.
Pada saat ini saya sedang mengerjakan atau mendalami atau menjelajahi fitur bekerja secara kolaborasi. Selain fitur koneksi internet, fitur webcam dan koneksi headset dan mikropon digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Dengan berkolaborasi, kita dapat mengerjakan satu file secara bersama-sama, supaya cepat selesai. Tipe pengerjaan ini bagi saya bisa mempercepat selesainya pekerjaan, dari draft yg belum selesai, didiskusikan dan langsung menerapkan hasil diskusi.
Kekuatan baterai laptop ini diklaim bisa terus menyala dalam keadaan standby untuk waktu yg cukup lama, yaitu 44 jam. Untuk memperkuat kondisi baterai dan manajemen daya, ASUS membekali laptop ini dengan fitur AMD Advance Power Management dan aplikasi ASUS PowerGear. Dengan adanya paduan fitur hardware dan software ini, kita bisa mengatur kebutuhan daya sesuai dengan pekerjaan yg dilakukan. Teknologi lain yg tak kalah penting dan canggih, adalah True 2Second Instan-On, laptop hanya membutuhkan waktu 2 detik untuk menyala dari kondisi sleep, membuat waktu kerja kita lebih efisien.

Kesimpulan
Laptop ini benar-benar laptop yg saya butuhkan, yups sesuai kebutuhan, melengkapi kebutuhan saya dalam hal asisten dalam pekerjaan kantor, multimedia, hiburan dan engineering. Kemampuan built hardware ASUS telah memilih saya untuk terus memakai laptop bersama ASUS. Harga yg terjangkau untuk laptop entry-gaming. Bagi para pembaca yg membutuhkan laptop gaming dengan hardware mumpuni dan harga yg miring, laptop ini bisa menjadi pilihan yg tepat. Diproduksi oleh produsen terbaik dalam hardware dan dukungan garansi spare part dan service selama 2 tahun internasional, menjadi nilai lebih yg tidak dimiliki merk lain.

Workspace lama saya dengan ASUS A46CM
Dengan artikel ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada ASUS atas produk laptopnya yaitu ASUS A46CM yg telah menemani saya kurang lebih selama 4 tahun dalam membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya tanpa ada kendala. Laptop yg awet, bandel, dan sangat bagus buildnya. Overall sangat puas dan direkomendasikan. Sebagai konsultan dan pengajar di komputer, saya selalu merekomendasikan produk ASUS kepada client saya.
Nah, selesai sudah ulasan dan pekerjaan apa saja yg bisa saya lakukan bersama laptop ASUS. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca. Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com
Bagi teman-teman rekan pembaca yg butuh konsultasi untuk keperluan laptop, bisa bertegur sapa dengan saya di kolom komentar. Atau di media sosial saya, Facebook, Twitter dan Instagram.

Komentar

  1. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kesempatan dan diterimanya artikel saya. 🙏🙏🙏

      Hapus
  2. Toss dulu sebagai sesama pengguna ASUS. Bandel emang laptop satu ini. Awet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosh.. Itu layar pecah, masih bisa dipakai.. Hehehe..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ZENFONE MAX M2 - INI SMARTPHONE SAYA

Moto G5s plus, Premium Smartphone, Mid-end Price

Bekerja Mobile dengan Excel